Blogger Widgets

Sabtu, 14 Juni 2014

Tugas 14 : RPP SBdP Sesuai Kurikulum 2013



Dosen Pengampu Mata Kuliah:
Drs. Jajang Suryana, M.Si
Disusun Oleh:
Nama                                 : Ni Gusti Ayu Kade Sari Astuti
NIM                                   : 1111031205
Semester/Kelas                  : VI/E       
Jurusan                             : PGSD    


RPP MATA PELAJARAN SBdP DALAM KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 



A.    Identitas Sekolah              :  SD Negeri 1 Baler Bale Agung
B.     Kelas/Semester                :  I/I
C.    Tema/Subtema                 :  Keluargaku/Kegiatan Keluargaku  
D.    Jumlah Pertemuan            :  1 x pertemuan
E.    Alokasi Waktu                 :  3 x 35 menit


F.     Kompetensi Inti                 
KI 1  : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


G.    Kompetensi Dasar
         1.   PPKn
    3.3  Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
      4.3 Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman
               di rumah dan sekolah.    
2. SBDP
 4.13 Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan alam  sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
  3. Bahasa Indonesia
 4.4  Menyampaikan teks deskripsi diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

H.       Indikator
       1.      PPKn
1)      Menyebutkan kebersamaan di rumah.
2)      Menceritakan kegiatan kebersamaan di rumah. 
       2.      SBDP
1)      Membuat karya kreatif montase.
2)      Membuat gambar bertema “kegiatan keluargaku” dengan cara memanfaatkan  teknik montase
        3.      Bahasa Indonesia
1)      Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan keluarga  saat merapikan rumah.


    I.   Tujuan Pembelajaran
1.     Melalui diskusi yang dilanjutkan dengan demonstrasi, siswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan kebersamaan di rumah dengan tepat.
2.    Melalui menyimak penjelasan guru yang dilanjutkan dengan demonstrasi, siswa dapat menceritakan kegiatan kebersamaan di rumah.
3.    Melalui menyimak penjelasan guru, siswa dapat membuat montase dengan tepat.
4.    Melalui pemberian tugas, siswa dapat membuat pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan keluarga  saat merapikan rumah dengan baik dan benar.

J.        Materi Ajar
MONTASE
Seni rupa adalah salah satu cabang kesenian. Seni rupa merupakan ini merupakan realisasi dari imajinasi yang tanpa batas dan tidak ada batasan dalam berkarya seni. Sehingga dalam berkarya seni kita tidak akan kehabisan ide dan imajinasi. Dalam berkarya seni, tidak pernah ada kata salah dan juga tidak ada yang mengatakan salah pada karya yang telah diciptakan. Dalam proses berkarya seni, seni rupa merupakan alat bukanlah tujuan, karena dalam seni rupa mengutamakan proses belajar, bukan semata-mata tujuan belajar.
Montase ini merupakan salah satu teknik dalam seni rupa. Montase sendiri adalah suatu teknik gambar dengan memanfaatkan gambar yang telah tersedia yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk susunan gambar yang baru. Karya montase dihasilkan dari mengeposisikan beberapa gambar yang sudah jadi dengan gambar yang sudah jadi lainnya. Berikut beberapa contoh karya seni rupa montase.

Montase Kegiatan Pagiku

 

 


Montase Dilarang Mencontek

 

a.   Alat dan Bahan Membuat Montase:
1)      Kertas gambar A4
2)      Gunting
3)     Kertas berwarna/kertas koran/majalah
4)      Lem Kertas

b.    Langkah-Langkah Pembuatan Montase:
1)      Siapkan kertas gambar A4.
2)     Siapkan pula gambar dari majalah ataupun koran bekas.
3)     Kemudian potonglah gambar-gambar dari majalah ataupun koran bekas mengikuti kontur gambar tersebut (gambar yang dipotong mungkin hanya bagian tertentu saja).
4)     Lalu  cobalah susun hasil guntingan tadi berdasarkan kreasi masing-masing, pada kertas gambar A4 tersebut dengan tema tertentu yang kalian inginkan.
5)   Setelah selesai menyusun dan menghasilkan suatu susunan bentuk yang baru sesuai dengan tema yang kalian inginkan, maka gambar-gambat tersebut mulai di lem.
6)   Setelah semua gambar di lem, diamkan hasilnya sampai benar-benar kering dan lihatlah hasilnya.
7)     Dan terakhir selamat mencoba.


K.    Pendekatan
Scientific

L.     Metode Pembelajaran
1)      Diskusi
2)      Demonstrasi
3)      Ceramah
4)      Pemberian Tugas


M.   Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.         Guru Mengucapkan salam dan dilanjukan dengan doa bersama.
2.         Guru Mengecek kehadiran siswa.
3.         Guru menyiapkan media pembelajaran yang diperlukan seperti LKS dan alat tulis.
4.         Apersepsi (guru menanyakan beberapa hal kepada siswa yang berkaitan dengan montase).
5.         Siswa menganggapi pertanyaan dari guru berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh tiap-tiap siswa.
6.         Guru bersama-sama siswa mencoba menentukan subtema yang akan dibahas.
7.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dibahasa untuk mendukung tercapainya tujuan.
8.         Guru menyuruh siswa membentuk kelompok belajar.

15 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mendengarkan penjelasan singkat dari     guru tentang apa dan bagaimana itu montase  (mengamati).
2.      Siswa mengamati beberapa contoh montase yang diperlihatkan guru (mengamati).
3.      Siswa mendeskripsikan apa tema cerita dari montase yang diperlihatkan oleh guru dalam bentuk sebuah paragraf diskripsi pendek (mengumpulkan informasi).
4.      Masing-masing perwakilan kelompok menceritakan kembali makna dari montase yang diperlihatkan tadi untuk mendapat tanggapan dari kelompok lain (mengomunikasikan).
5.      Siswa mkelompok lain dipersilahkan mengajukan pertanyaan seputar jawaban kelompok penyaji (menanya).

100 menit

6.      Siswa mendengarkan cerita pendek yang berjudul “Kegiatan Keluargaku”(menanya).
     7.   Siswa mengeluarkan semua alat untuk membuat montase (mengumpulkan informasi).
    8.   Siswa mencoba membuat montase dan mulai menggunting-gunting kertas (mencoba).
    9.   Siswa mengotak-atik, bermain sambil belajar membuat montase bersama teman-temannya (mencipta).
10.    Siswa memajang hasil prakaryanya dimeja masing-masing dalam kelompoknya (mengomunikasikan).

Penutup
1.         Guru memberikan penguatan kepada siswa yang telah berhasil melaksanakan tugas.
2.         Guru bersama siswa menarik kesimpulan dari hasil belajar yang telah dilakukan.
3.         Siswabersama guru mengadakan refleksi dan dilanjutkan dengan melakukan evaluasi.
4.         Guru menyampaikan bahan belajar untuk pertemuan berikutnya.
5.         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup dan doa.
10 menit


N.  Sumber Belajar
1)      Buku Guru dan Siswa SD/MI kelas I Dengan Tema “Keluargaku” Buku Tematik Kurikulum 2013.
2)      LKS

O.   Media Pembelajaran
1)      Gambar-Gambar Bekas
2)      Kertas Gambar
3)      Gunting
4)      Lem

P.   Penilaian
1.    Daftar Periksa Sikap
Nama              :
No. Absen        :
Kelas               :
No.
Kriteria
BS
B
C
K
Komentar
1.
Siswa menampilkan sikap rasa ingin tahu saat kegiatan pembelajaran





2.
Menunjukkan sikap kerjasama dalam kelompok





3.
Menunjukkan sikap teliti saat melakukan penelitian





4.
Menunjukkan sikap peduli lingkungan saat kegiatan pembelajaran





5.
Memperlihatkan sikap jujur saat kegiatan pembelajaran






Rublik Periksa Sikap
No.
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Kurang
1.
Rasa Ingin Tahu
Selalu berupaya untuk memper-perluas pengetahuan

Sering berupaya untuk memper-perluas pengetahuan
Cukup berupaya untuk memper-perluas pengetahuan

Kurang berupaya untuk memper-perluas pengetahuan
2.






Kerja Sama
Sangat bekerja sama dan menunjukkan sikap positif terhadap teman

Sering bekerja sama dan menunjukkan sikap positif terhadap teman

Cukup bekerja sama dan menunjukkan sikap positif terhadap teman

Kurang bekerja sama dan menunjukkan sikap positif terhadap teman

3.
Teliti
Selalu teliti dalam menyelesaikan tugas

Kadang-kadang teliti dalam menyelesaikan tugas

Cukup teliti dalam menyelesaikan tugas

Kurang teliti dalam menyelesaikan tugas

4.
Peduli Lingkungan
Selalu berupaya memelihara lingkungan

Kadang-kadang berupaya memelihara lingkungan

Cukup berupaya memelihara lingkungan

Kurang berupaya memelihara lingkungan

5.
Jujur
Selalu jujur dalam menyelesaikan tugas

Kadang-kadang jujur dalam menyelesaikan tugas

Cukup jujur dalam menyelesaikan tugas

Kurang jujur dalam menyelesaikan tugas


2.     Daftar Periksa Keterampilan
Nama              :
No. Absen        :
Kelas               :
No.
Kriteria
BS
B
C
K
Komentar
1.
Siswa menuliskan laporan dengan kosa kata yang baik dan baku





2.
Siswa menyajikan laporan dengan terampil dan baku






Rublik Periksa Keterampilan
No.
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Kurang
1.
Tulisan Laporan
Laporan lengkap dan benar

Laporan lengkap tetapi masih ada kekurangan

Laporan cukup lengkap dan masih ada banyak kekurangan

Laporan kurang lengkap dan banyak kekurangan

2.





Penyajian Laporan
Penyajian bagus dan benar
Penyajian bagus tetapi masih ada kekurangan
Penyajian cukup bagus dan masih ada banyak kekuranga
Penyajian kurang bagus dan banyak kekurangan

3.      Penilaian Produk
Unjuk kerja menggunting dan menempekan gambar (membuat montase dengan tema “kegiatan dalam keluarga”)
Daftar Periksa Unjuk Kerja (Produk)
Nama              :
No. Absen        :
Kelas               :
No.
Kriteria
BS
B
C
K
Komentar
1.
Siswa mampu membuat montase yang walaupun sederhana namun tampak menarik.





2.
Siswa mampu menghasilkan  montase yang sesuai dengan tema yang diberikan.





3.
Siswa mampu membuat montase dengan rapi tanpa mengotori lingkungan sekolah/ruang kelas.






Rublik Periksa Keterampilan
No.
Kriteria
Bagus Sekali
(BS)
Bagus
(B)
Cukup
(C)
Kurang
 (K)
1.
Kualitas
Kualitas montase sangat bagus dan menarik dengan keserasian warna sangat bagus.

Kualitas montase bagus dan menarik, tetapi ada beberapa ketidak cocokan warna.

Kualitas montase cukup bagus, hanya saja terlalu banyak menggunakan warna gelap,
Kualitas montase sangat kurang  bagus yang terlihat dari berbagai struktur.
2.





Kesesuaian dengan tema
Montase terlihat sangat indah dan sesuai dengan tema.
Montase tampak sesuai dengan tema tetapi terlalu polos.

Montase terlihat cukup sesuai dengan tema walaupun dari segi pewarnaannya terkesan  kurang serasi.

Montase nampak tidak sesuai dengan tema.
3.
Kerapian
Sangat memperhati-kan kerapian dan kebersi-han kelas saat membuat ataupun sesudah membuat montase.
Sebagian besar memperhati-kan kerapian dan kebersi-han kelas, tetapi agak malas membersih-kan kelas setalas selesai bekerja.

Malas memperhati-kan kebersihan dan kerapian saat bekerja dan hanya rajin sesekali kebanyakan bermain-main.
Sangat tidak memperhati-kan kebersihan kelas saat bekerja.


4.      Tes Pengetahuan
1.      Apa itu montase? ( skor 20)
2.      Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat montase? ( skor 30)
3.      Bagaimana langkah-langkah pembuatan montase? ( skor 50)

Kunci Jawaban:
1.        Montase ini merupakan salah satu teknik dalam seni rupa. Montase sendiri adalah suatu teknik gambar dengan memanfaatkan gambar yang telah tersedia yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk susunan gambar yang baru.
2.        alat-alat dan bahan membuat montase adalah:  Kertas gambar A4, gunting, kertas berwarna/kertas koran/majalah dan lem kertas
3.        Langkah-langkah pembuatan montase yaitu:
a)      Siapkan kertas gambar A4.
b)      Siapkan pula gambar dari majalah ataupun koran bekas.
c)      Kemudian potonglah gambar-gambar dari majalah ataupun koran bekas mengikuti kontur gambar tersebut (gambar yang dipotong mungkin hanya bagian tertentu saja).
d)     Lalu  cobalah susun hasil guntingan tadi berdasarkan kreasi masing-masing, pada kertas gambar A4 tersebut dengan tema tertentu yang kalian inginkan.
e)      Setelah selesai menyusun dan menghasilkan suatu susunan bentuk yang baru sesuai dengan tema yang kalian inginkan, maka gambar-gambat tersebut mulai di lem.
f)       Setelah semua gambar di lem, diamkan hasilnya sampai benar-benar kering dan lihatlah hasilnya.
g)      Dan terakhir selamat mencoba.


Untuk rentangan nilai:
Nilai
KRETERIA
75 -100
Tinggi
60 - 74
Sedang
45 - 59
Rendah
0 - 44
Sangat Rendah



Mengetahui                                                                 Singaraja,
Kepala SD 1 B.B Agung                                            Guru Kelas IV



NIP. ...................                                                        NIP. ....................